Menghapus Virus Komputer Tanpa Antivirus (1)

Posted by Anaikzir Al Idla Minggu, 10 Februari 2013 0 komentar
Pada pos sebelumnya dibahas mengenai cara mencegah virus masuk ke komputer tanpa antivirus. Kali ini CFS akan memberikan cara untuk menghapus virus yang sudah terlanjur masuk ke komputer atau sudah menginfeksi flashdisk CFS'er semua. Cara ini didapat berdasarkan pengalaman dan juga hasil browsing di internet. Walaupun CFS tidak menjamin 100% dapat menghapus semua jenis virus dengan cara ini, namun tidak ada salahnya dicoba, terutama jika virus tersebut berhasil mematikan sistem antivirus yang dimiliki komputer CFS'er semua. CFS sarankan sebelum melakukan langkah ini, lakukan dulu pencegahan virus masuk ke komputer tanpa antivirus yang diuraikan pada pos sebelumnya. Berikut ini uraiannya: 

Menghapus virus yang sudah menginfeksi flashdisk 

Biasanya, jenis virus yang menjamur, terutama di rental komputer dan warung internet adalah virus yang membuat autorun.inf di flashdisk korban sehingga bila flashdisk tersebut digunakan pada komputer yang sistem autoplay nya masih aktif, virus akan langsung aktif dan menginfeksi komputer. Berikut ini beberapa ciri jika flashdisk terinfeksi virus jenis ini:
  1. Terdapat file autorun.inf
  2. Terdapat banyak file dengan tipe shortcut, yang memiliki nama yang sama dengan isi file asli flashdisk. File berjenis shortcut ini menduplikasi file asli kita, sekaligus menyembunyikan file asli kita.
  3. Terdapat folder Recycler, yang disembunyikan (hidden) yang berisi virus induk 
Bila flashdisk CFS'er mengalami ciri-ciri tersebut, tidak usah panik. Lakukan langkah berikut untuk menghapus virus tersebut dari flashdisk CFS'er:
  1. Tampilkan dulu hidden folder dan file. Langkah yang dilakukan adalah buka My Computer-->tools-->Folder Options-->buka tab View, lalu pilih Show hidden files and folders dan non aktifkan checklist pada Hide protected operating system files (Recommended), lalu klik OK
  2. Buka flashdisk melalui Windows Explorer, JANGAN dengan double-click icon flashdisk di My Computer karena hal ini dapat mengaktifkan virus.
  3. Hapus seluruh file dengan type shortcut yang ada di flashdisk tersebut. Untuk menghindari kesalahan penghapusan, ubah View pada Windows Explorer menjadi Details, jika belum.
  4. Cari file autorun.inf pada flashdisk, lalu hapus.
  5. Cari folder dengan nama Recycler, lalu hapus folder tersebut beserta seluruh file yang ada di dalamnya.
  6. Flashdisk anda akan kembali bersih dari virus
Kadangkala, setelah melakukan keenam langkah tersebut dilakukan, file asli di flashdisk tersebut akan tersembunyi dan attribute Hidden yang melekat pada file tersebut tidak dapat dihilangkan dengan cara biasa (Properties). Maka, bila ingin mengembalikan file asli yang tersembunyi di flashdisk, lakukan hal berikut:
  1. Buka Command Prompt, baik melalui accesories atau dengan membuka Run--> lalu ketik CMD-->enter
  2. Masuk ke drive flashdisk, dengan mengetikkan huruf drive flashdisk:, Contoh: drive flashdisk anda F, maka ketikkan F:
  3. Lalu pada command prompt tersebut ketik attrib -r -a -s -h *.* . Contoh: F:\>attrib -r -a -s -h *.*
  4. Tunggu hingga proses selesai
Dengan melakukan hal tersebut, flashdisk CFS'er akan kembali bersih dari virus. Bila virus sudah terlanjur menginfeksi komputer, maka pada pos selanjutnya akan dibahas mengenai cara menghapus virus di komputer tanpa antivirus.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Menghapus Virus Komputer Tanpa Antivirus (1)
Ditulis oleh Anaikzir Al Idla
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://computerfunstuff.blogspot.com/2013/02/menghapus-virus-komputer-tanpa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Belajar SEO dan Blog support Online Shop Aksesoris Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Computer Fun Stuff ~ Tempat berbagi pengalaman dunia digital.